DUMB BOX | Komunitas Paper Toy dari Surabaya


DUMBBOX adalah 'trio ilmuwan freak' dari Despro ITS, bernama MANtoBOX, iikoBOX, dan HEDIBOX yg mengaplikasikan ilmu & imajinasi liar mereka dalam bentuk paper-toy. Dari tangan ajaib mereka muncul mainan-mainan cool dari kertas berupa aneka figur boneka, human body, stuff, things, creature, tokoh kartun etc. Mohon jangan salah.. jangan terburu menyamakan paper-toy dengan origami.. apalagi dengan boneka bongkar-pasang baju ‘barbie’ yg nge-trend di kalangan anak SD sepuluh tahun yg lalu. Hohoo.. Poin paper-toy bukan pada melipat kertas, tapi lebih pada fungsi kreator.. yaitu melahirkan berbagai ekspresi karakter unik dalam bentuk tiga dimensi. Paper-toy sangat mengedepankan aspek penciptaan berbagai karakter seperti lucu, aneh, silly, buas, absurd dsb (beberapa orang menyebutnya ‘desain karakter’). Secara teknis, mereka juga melakukan eksplorasi khusus yg serius dalam hal teknik printing di media kertas.


WHY PAPER?! ..MANtoBOX menjelaskan, “Mungkin material kertas adalah salah satu solusi dalam memecahkan masalah mahal dan rumitnya pemakaian bahan vinyl atau plastik.. Mainan dari bahan-bahan itu cuman bisa dinikmati oleh kalangan tertentu aja.. dan kadang-kadang malah nggak terbeli.. ngendon terus di etalase toko..


THE MISSION Saat ini, pasukan kertas itu sedang berlatih perang.. DUMbBOX diam-diam sibuk menyempurnakan kualitas produk.. mempersiapkan desain packagingnya.. plus melakukan market research.. dan mencari celah untuk menjualnya. Mereka bersiap menginvasi kota dan melakukan sebuah kudeta desain dgn misi suci mempropagandakan ‘character based design’ di Surabaya dan sekitarnya. Holaa.. Yah,, mungkin paper-toy adalah alternatif lain dari deretan seni kontemporer seperti grafitti, body painting, lomografi, body piercing, etc. yg dekade terakhir ini makin marak di Indonesia.. Mungkin paper-toy adalah the next cool thing in the city.. Dan mungkin memang sudah saatnya kita menghargai kertas lebih dari sekedar kulit pohon yg dieksploitasi untuk bahan coret-moret..

Ganbatte, DUMbBOX! Hidup Kertas!! Gloria ‘la Paperita!!
Kalian yg ingin mengapresiasi paper-toy lebih jauh silakan kontak 'paper-freak' berikut:
MANtoBOX ->> diejahrevorpop@yahoo.com [rar]

5 response(s):

sigitmengatakan...

saya juga penggemar dan pembuat paper toy sedang cari cari teman sesama pembuat paper toys untuk saling ngobrol dan berbagi. Karya paper toy saya bisa dilihat di www.sureamus.com . trims

rar mengatakan...

,,to sigit - sureamus [dot] com
Wow,, Nice work,,
Thanks, kita nunggu input dari anda,,
Tlg jangan sungkan2 sharing info di elzzine,,
Hehe,,

xxx mengatakan...

kok kayak : http://www.ohashi-lab.bse.kyutech.ac.jp/~shin/Gallery_GRITTY.html ya?

ThinkTank mengatakan...

boleh nanya contact person dari DUMBBOX??

INDOKERTAS mengatakan...

Hai Dumbbox...
Setelah melihat artikel di atas, sepertinya kita punya tujuan yang sama niy,..
Kami dari Dokernity (INDOKERTAS Community), yang juga berfokus di dunia creative paper,
yuk kita sama - sama cari komunitas2 yang lain dengan tujuan yang sama di kota surabaya dan sekitarnya untuk membuat komunitas yang besar dan berfokus di dunia creative paper dan pastinya nanti lebih berkembang dan profesional...
kapan niy kita bisa ketemuan dan ngbrol lebih lanjut..??
ciptabinasehati@gmail.com

Posting Komentar

share your idea, opinion, or related info with others here:

 
© Copyright Elz.™