TANI MAJU - MALANG



Sejarah

Band ‘ancur’ ini lahir di kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang (sekarang Universitas Negeri Malang/UM). Tepatnya mereka berasal dari komunitas UKM seni & desain SAMIN (sanggar minat).


Awalnya kelompok Tani Maju biasa tampil di acara-acara kampus lokal (Malang) dengan penampilan akustik. Alat musik yg menjadi ciri khas mereka adalah bongo dan big cello/bass betot gedhe (ini adalah properti anak2 UKM yg sering dipinjam-pinjam kesana-kesini oleh anak-anak UKM). Mereka sering beramai-ramai (rombongan) naik ke atas panggung membawakan lagu-lagu mereka yang kocak dan ‘kacau’.

Lagu
Elz kesulitan mendefinisikan tema lagu-lagu Tani Maju. Mereka seperti sedang mendekonstruksi logika bahasa. Lirik mereka cuek banget. Maknanya loncat kesana-kemari namun tetap sangat menghibur. ‘Castol’, ‘Oh, Pacarku’, dan lagu-lagu mereka yg lain kebanyakan adalah hasil nongkrong bareng… Entah itu disela-sela kegiatan2 UKM, maupun waktu mereka ‘begadang rame-rame’ alias ‘begadang berjama’ah’ :P.

Perubahan Image ‘The Artist Top Daerah’
Pada suatu ketika (entah tepatnya tanggal/tahun berapa),, saat tampil di sebuah event di ‘Pantai’ (sebutan lapangan di UM), mereka tampil dengan image baru. Tani Maju tiba-tiba menjadi agak elektrik. Mereka nggak lagi membawa bongo dan bass betot, melainkan alat musik ketipung, terompet tahun baru, serta properti-properti aneh seperti payung bekas dan kacamata warna-warni yg dimodifikasi dari bekas2 gelas aqua.
Seiring waktu, mereka semakin populer. Mereka sering mendapat undangan manggung di kampus2 Jatim. Mereka juga sempat jadi band pembuka di acara Soundrenaline, bahkan sempat juga manggung di Jakarta (diundang kelompok KPJ).
Album mereka yg berjudul “The Artist Top Daerah” bocor sebelum di-launching. Mp3 versi demo-nya beredar luas. Tani Maju juga sempat di VCD-kan oleh dangdut organizer jatim (yg juga memegang om PALAPA).

Personil dan Jogeder
Tani Maju. mereka adalah: Novan (vokal/sastra indonesia UM), Wibhi (bass/seni rupa UM), Jhoni (gitar/seni rupa UM), Sri (perkusi/sastra UM), Leo (ketipung/sastra UM), Hendro (gitar kecil/sastra UM), Sinyo (drum/ teknik UM), dan Galih (terompet/diskomvis UM).

Patut dicatat juga, kepopuleran mereka salah satunya adalah berkat dukungan dari JOGEDER. Jogeder adalah sebutan untuk ‘tenaga swakarsa’ pendukung Tani Maju. Mereka selalu ikut kemanapun Tani Maju manggung dan selalu joged di depan.
------------------------------------------------------------------------------------------------
thanks a bunch to Globber's (Komunitas Blogger Malang)
artikel ini disarikan dari: www.bloggerngalam.com

6 response(s):

eNaknya nAik VesPa mengatakan...

Maju terus tapi jangan mbablas...
aku - dedi utomo (FPTK-ptm'95)- SAMIN.
sALAM TUK SEMUA.
NDISIK AKU PACARE ANIS (ips-TTN'95)

eNaknya nAik VesPa mengatakan...

MAJU TERUS BOS...
DARI DEDI UTOMO (PTM'95) TEMANMU NENG SAMIN... JARENE LOKASI SAMIN KOBONGAN... YO OPO REK???
SALAM TUK MAS: ZAINI, TEDDY, LUKAS, UMAR. SERTA: TALOKO, BUTTET, ALI. DLL
YEN TUKU ALBUMMU NENG ENDI....
YEN NANG MALANG YO KADOHAN..

eNaknya nAik VesPa mengatakan...

MAJU TERUS. DARI DEDI (ptm'95) HIDUP SAMIN

Anonimmengatakan...

KLOBOTTEAM KERTOSONO SALUT GAE KERA2 IKIP,,
UKA NOK IKIP BLITAR KAPAN UMAK SAMBANGI KER!!! BEN ISOK JOGEDER BARENG
SALAM IKIP PP3 BLITAR

piendank 2001mengatakan...

hdp jogeder endonesa...
pipit, elza, ion, nawi sendang, sutris dkk...
kera2 UM angkatan 2001,,,kuangen pgn joged di dpn...hahahaha...

IMAM GUNAWAN mengatakan...

oi piye kabare Tani Maju, kangen banget karo TM, kira2 dah lulus dr UM urung yo.....

bravo buat JOGEDER MALANG ........

Posting Komentar

share your idea, opinion, or related info with others here:

 
© Copyright Elz.™