Rilisan Album Musik Dalam Bentuk USB Flash Drive




Setahun terakhir ini beberapa artis telah mencoba merilis album musik dalam bentuk USB (flashdrive). Mungkinkah format ini kelak menggantikan peran CD pasca ambruknya industri rekaman musik? Hmm.. Setidaknya untuk saat ini USB musik menjadi alternatif baru yg menarik untuk dicoba.


Pada dasarnya USB musik ini hanyalah USB biasa yg dijual dalam kondisi sudah berisi file lagu. Kapasitasnya bervariasi antara 1 s.d. 4 Gb. Isinya juga bisa dihapus, diganti maupun ditambahi dengan data file lain. Namun disinilah letak kelebihannya kalau dibandingkan dengan audio CD biasa... USB bisa digunakan untuk keperluan lain selain sekedar memutar lagu.

Desain fisiknya juga memberi nilai ‘collectable’ karena mencerminkan image sang artis. Seperti yg terlihat pada gambar di atas, USB White Stripes berupa karakter Jack dan Meg White, USB Ringo Starr berbentuk gelang, USB Mars Volta bernuansa klasik, mistik dan ‘egypt’, USB Radiohead berbentuk beruang, dan USB Bob Marley yg bergambar wajah beliau sendiri...
(Uniknya, USB ‘Exodus’ Bob Marley tersedia juga dalam versi kosongan dengan harga yg lebih murah).

Harga?
Sebagai gambaran, di Amerika CD The White Stripes dijual seharga $ 15 (sekitar Rp 140,000), sementara USB nya dijual seharga $ 57.5 (sekitar Rp 550,000)… Jadi harganya sekitar 4x lipat dari versi CD.
Sepertinya itu tidak mahal untuk seorang fans, sebab biasanya USB musik juga dilengkapi dengan file artwork, foto, video, ringtone dan wallpaper. Lagipula bukankah USB itu relatif lebih praktis dan fungsional dibanding CD? USB mudah dibawa kemana-mana dan bisa dihapus kalau kita bosan dengan isinya. :P

Pertanyaannya sekarang, mungkinkah USB Flash Drive kelak menggantikan peran CD pasca ambruknya industri rekaman musik? Siapa tahu... Di Amerika, Barenaked Ladies dikabarkan sudah berhasil menjual USB album live lebih dari 1000 copy ! Sementara di Indonesia, Naif juga sudah merilis USB Flash Drive album Let’s Go.[rar]

5 response(s):

lifeofroot mengatakan...

oia!
papaku pernah bw tuh usb flshdrive naif..lucu kok..ada lagu, poto, pidionya..bagus loh..
collectible items..dan bermanfaat lg..tp di Surabaya msh jarang..

Davidmengatakan...

Anak2 indie yg self-release ya ga bs ikut2an jual USB, modalnya brp?
Modal gede banget!
Kalo satu USB saja harganya anggap udah 70 rb...albumnya mau kita rilis berapa keping USB ??!

Gizela mengatakan...

wah keren nich..

Kira2 band2 lain selain yg disebutin di artikel ini, apa jg bakal rilis album versi flash disk, yah?

Boleh deh buat para fans sejati dan kolektor musik mereka..

J_D mengatakan...

apa malah tidak mempermudah tumbuhnya Pembajakan?
klo pake Flas_diz bisa colok kom sana-sni.
sdangkan klo Cd bisa diakali diisi Virus ddlm-nya..

J_D mengatakan...

apa malah tidak mempermudah tumbuhnya Pembajakan?
klo pake Flas_diz bisa colok kom sana-sni.
sdangkan klo Cd bisa diakali diisi Virus ddlm-nya..

Posting Komentar

share your idea, opinion, or related info with others here:

 
© Copyright Elz.™