Docmart - Long March Dr Klaus Marten


Dr Klaus Marten adalah seorang dokter tentara Jerman di era perang dunia II. Pada tahun 1945, ia mengalami cedera kaki. Ia kemudian memodifikasi sepatu boot-nya dengan lapisan kulit dan bantalan udara yg empuk. Setelah perang berakhir, dengan bekal pengalaman ini, sang dokter mencoba menjual ide inovasinya. Ia mulai menjalankan sebuah perusahaan sepatu rumahan skala kecil di Jerman dengan bantuan seorang teman lamanya sewaktu kuliah.





DocMart Invasion: Dari London, menyeberang Eropa dan menduduki Dunia

Pada tahun 1960, sebuah perusahaan bernama Griggs Group membeli lisensi sepatu untuk dipasarkan di Inggris /UK. Perusahaan ini melakukan sedikit perbaikan dalam desainnya, membuat ciri khas berupa jahitan sol sepatu dengan benang warna kuning, dan melabeli sol dengan nama trade mark ‘Airwair’, lalu mulai memproduksi sepatu boot ini. Disinilah titik penting dalam sejarah sepatu sang dokter: Boot klasik Docmart-1490 untuk pertama kalinya menginjak pasar London.

Boot warna merah cherry yg desainnya nyaman dan praktis ini tenyata disukai oleh kalangan working class atau kelas pekerja. Banyak sekali buruh pabrik, tukang pos, bahkan petugas polisi memakainya saat bertugas. Image sebagai sepatu milik common-people pun terbentuk secara alami.

Dan sepertinya, image itulah yg kemudian merebut perhatian anak muda dari kalangan sub-kultur punk. Pada akhir tahun 60-an, sepatu sang dokter ini banyak digunakan oleh komunitas skinhead Inggris dan genk-genk di jalanan.... Mereka punya kebiasan aneh, yaitu menyemir boot merah Docmart dengan semir warna hitam sampai warnanya jadi merah gelap dan mengkilap seperti kelereng/ gundu.

Lalu pada tahun 70-an sepatu ini makin populer karena banyak artis Punk Rock, Ska, Psychobillies, Goths, Industrialis, hardcore, straight-edge, Glam, bahkan New Wave yg memakainya. Dengan bantuan musisi-musisi itu, long-march yg dilakukan Docmart dari kota London menyebar ke seluruh dataran Inggris dan Eropa, lalu ke menginvasi dunia.

Puncaknya di tahun 1900-an, sepatu Docmart berkembang menjadi trend yg menjangkiti semua orang, bukan hanya sub-kultur Punk saja. Ia menjadi industri besar. Alhasil, sebagian komunitas Skinhead sejati yg identik dengan spirit anti kemapanan dan anti kapitalisme mulai mempertanyakan brand sang dokter. Sebagian dari mereka mulai beralih ke merk pesaing Docmart, seperti Grinder, Ranger, Gripfast, dsb.

Tapi boot sang dokter terlanjur mencetak jejak solnya di wajah sejarah dunia. Docmart adalah sepatu yg menjadi legenda di dunia fashion anak muda. Ibaratnya ia seperti anthem yg pernah dinyanyikan oleh anak muda di seluruh dunia.. jauh sebelum era MTV, I-Tunes, Youtube dan Myspace. [rar]




17 response(s):

Mr limah 'Allan Hoppus'mengatakan...

Waah! Ini sih sepatunya Om gue!
Dia dulu sok punk gitu.
Hehee..Keren banget!

Jean Jacqmengatakan...

Yang merah keren,
bisa beli dimana ya?
Impor tuh ya?
Mahal ya berarti..
Nunggu Lebaran aja.. EHueheueheuhee...

ninil motik mengatakan...

Yang ungu pas banget dah ama seragam kantor gw.....

Anonimmengatakan...

enakkan sandal jepit,,
hahahahha

rar mengatakan...

To: Anonim,
Ya,, tapi plus sarung dan kaos singlet,,

:P

Anonimmengatakan...

wah2.......yg merah bagus tu.........
tp kira2 nyari ny dmana ya???
& berapa duwit kira2 ne.........????????

babamengatakan...

gw punya yg merah tapi kekecilan ada yg minat g?

tasiiamengatakan...

@baba : mau dong!! ukuran berapa? harga nya berapa?

sandymengatakan...

kalo mau dapetin dii manaa .??.

Anonimmengatakan...

walaupun sudah sobek atau lusuh,jahitan kuning di sole nya tetap menjadi image yang kuat klo docmart punya kharisma

Anonimmengatakan...

mau, bli dmn deh?

arif5starastamengatakan...

kaloo beli sepatu2 docmart macam gini dmn yaa?

eziet mengatakan...

keren dech ich...

Anonimmengatakan...

sepatu docmart bukan untuk working class di Indonesia karena harganya sangat mahal. saya pun tidak mampu membelinya.

joel mengatakan...

bener banget gan,tp ane naksir bgt ama ni patu.hahaha
nabung dh biar cepet punya.hahahha

Anonimmengatakan...

harganya berapa nih?

Kata Kelana mengatakan...

serasa machoo kayaknyaaa kalao pakee sepatu ntu

Posting Komentar

share your idea, opinion, or related info with others here:

 
© Copyright Elz.™