BEING A ROCK'N ROLL STAR


Alkisah, pada jaman dahulu kala.. Indonesia Timur adalah dataran rendah panas minim curah hujan yg dihuni koboi-koboi jelek bersenjata gitar.. Sebut saja koboi2 macam Koes Plus (yg pernah dipenjara oleh Soekarno gara-gara memainkan musik The Beatles), AKA, Gombloh, Karpet, CB Band, Andromeda, sampai Boomerang.. plus Om Ahmad Dhani yg jenius tapi arogan dan hobi kontroversi itu.. Mereka semua adalah pahlawan rock‘n roll dari timur.. koboi jagoan yg datang dari negeri terbitnya matahari.


Puluhan tahun kemudian (alias sekarang).. Rock’n roll kembali hype di tanah air.. pensi-pensi dan event-event di kampus dibanjiri dgn teriakan ‘rock’n roll’.. Scenester semakin suka berdandan vintage, sing along, dan ‘dance a go go’ dgn diiringi band-band yg juga semakin suka memakai cap rock‘n roll untuk melabeli musik mereka.. Bahkan lucunya, kantin si ibu depan sekolah juga mendapat julukan baru.. ‘kantin rock’n roll’, cuman gara-gara porsinya yg ‘urakan’!

Well.. everybody says those words now.. Sebenarnya apa sih definisi rock‘n roll itu? Musik nge-beat di pensi dan event kampus? Gitar overdrive kering? Jeans belel? Cowoq cool bergitar yg membuat ceweq-ceweq histeris? Mungkin benar.. tapi yg perlu ditanyakan adalah apa makna yg ada di balik semua hip-hip hura itu? Apakah rock’n roll sedangkal itu?!

Tidak..

Sebenarnya bila dirunut lagi, ide rock’n roll berakar pada spirit kebebasan, cinta, dan perdamaian yg diusung oleh musisi-musisi rebel abad 20. Ikon rock’n roll seperti Chuck Berry, Elvis Presley, Jerry Lee Lewis, The Beatles dsb. pada saat itu ‘berjuang’ meneriakkan kebebasan melalui musik mereka. Koboi-koboi itu mempertanyakan peraturan sekolah yg kaku, melawan dogma dan norma-norma masyarakat yg sifatnya kolot / kuno serta menentang doktrin-doktrin dari generasi tua pendahulu mereka.
Sedikit berbeda dengan spirit punk yg cenderung frontal bahkan anarkis.. rock‘n roll star mengemas idealismenya dgn lebih artistik. Nama varian mereka adalah flower generation alias generasi yg berslogan: ‘Make Love, Not War!’. Mereka menikmati hidup dengan simpel dan merayakan indahnya masa muda mereka dalam music and party. Bukan party dalam artian clubbing ajub-ajub, melainkan sebuah gathering persaudaraan sebagai perayaan akan masa muda mereka.

Mereka juga menyukai sex sebagai bentuk pemujaan mereka pada keindahan hidup. Tapi semua itu akan berlangsung dalam kebebasan yg bertanggung-jawab. Rock’n roll star mengagumi & menghormati (bahkan memuja!) lawan jenisnya.. Bukankah sepanjang sejarah, nggak pernah ada cerita seorang rock’n roll star yg dituntut karena melukai ataupun melecehkan pasangannya?

Semua attitude di atas pada dasarnya bersumber pada sikap cuek dan memandang perbedaan adalah sesuatu yg wajar, selama masing-masing bertanggung jawab dengan pilihan yg diambil.
Jadi, being a rock’n roll star bukan berarti jadi tukang bikin rusuh, bandar minum, sok playboy, raja-telat masuk kelas, dan dimusuhi guru killer. Jangan cuma modal jeans belel, blazer junkies, dan grip lagu2nya Rolling Stones.. Dan kamu nggak harus jungkir-balik mainin lagu usang ‘Lingkar Labirin’-nya The Brandals di pensi skul-mu demi jadi seorang rock ‘n roll star..
Kamu bisa mulai dgn menjadi koboi pemberani & gentleman yg menegakkan ideologi kebebasan, cinta, dan perdamaian di lingkungan pergaulanmu.. dijamin kamu bakal populer di skulmu, sebab ideologi yg simpel itu sangat universal alias mudah dipahami oleh siapapun.. ceweq-cowoq.. miskin-kaya.. tua-muda.. bahkan juga oleh guru yg kamu juluki ‘the killers’ itu.
Nah, setelah kamu berhasil membangun image rock’n roll starmu, meskipun kamu raja-telat di kelas, sang guru killer akan segan dengan aura Lennon-mu. Dan, hei, siapa tahu kamu bisa mencuri hati Ngatini, anak ibu kantin yg manis itu! Hehe..

Ok, Koboi.. selamat meniru Lennon.. selamat menjadi rock’n roll star..
(dan selamat mencuri hati Ngatini-Ngatini di luar sana!)

Ada juga posting artikel lain (by Slim Angga) yg memberi wacana bagus dan menarik soal rock'n roll. Klik disini kalo anda tertarik untuk membacanya.
[ras]

0 response(s):

Posting Komentar

share your idea, opinion, or related info with others here:

 
© Copyright Elz.™