CHIPTOWN 16/2 BIT 14 IN 1 COMPILATION (2008)

Wow, tidak terpikir sebelumnya di benak saya, kalau ternyata perkembangan musik 8 Bit atau chiptune di Indonesia sudah sampai membuat kompilasi. Chiptown Ranger 16/2 Bit 14 in 1 Compilation. 14 in 1? Oldschool gaming huh? Yup, mari kita kembali ke bebunyian game console jaman arcade dan Nintendo juga portable game jaman gameboy dan gamewatch. Yg sudah akrab dengan bebunyian ala game 8 Bit tentu akan sangat familiar dengan sound-sound yg muncul pada kompilasi ini.


Ada 14 musisi chiptune dari berbagai kota di Indonesia yg urun karya pada kompilasi ini. Lagu-lagu yg hadir pada kompilasi ini, memang kebanyakan lebih instrumental, kayak soundtrack game gitu deh. Tidak banyak yg mengiri lead vocal, seperti YMCK dari Jepang misalnya. Bayangan saya sewaktu mendownload album ini, lagu-lagu dalam kompilasi akan cheerful, fun, bright, easy, pleasing dan childish. Yg terjadi di track-track awal adalah, lagu yg cenderung berat dan gelap, dengan dibalut sound 8 Bit. Delayed Desire malah menyertakan growling di lagunya (8 Bit Hard Core??). Hokkaido Noon! dari Hellostereo! lumayan mencerahkan hati, walaupun masih bernuansa action. Berasa main Top Gear atau game balapan lainnya.

Local drug store dengan Domo Arigato! lumayan membawa keceriaan, bagai main game petualangan lucu dengan berbagai aksinya. Pickney dengan Jumpin’ Pills juga membawa nuansa serupa yg menyenangkan. Tele8bit terdengar sangat menyenangkan dengan lagu Are We Having Fun Yet. Sound 8 bit terdengar bertumpuk-tumpuk dengan line-nya sendiri-sendiri, khas game Nintendo!

Kompilasi ini bisa menjadi pijakan yg cukup menyenangkan untuk musik chiptune atau 8 bit di Indonesia. Memang beberapa tracknya terasa masih belum kuat arah musikalnya dan masih terdengar hampir serupa satu dengan lainnya, namun ini bisa jadi alternatif lain yg menyenangkan dan nostaljik! [Jay]

01. Arcade Playmate - Need No Worries
02. Butcher Bachelor – Darah
03. Cacat Nada – mBsB
04. Curah Melodia Mandiri - Am I Evil
05. Delayed Desire - Alat Vital Terbelah Jadi Dua
06. GODARD - Three Mix 2
07. Hellostereo! - Hokkaido Noon!
08. jw86 - Kanshen Express
09. Local drug store – DomoArigato!!!
10. Motoric Mathematics - Runaway Rudy
11. PicknEy - Jumpin' Pills
12. Tele8bit - Are We Having Fun Yet
13. Turbo Blip- JOY
14. Boys vs Bacteria – Beyond Raspberry Mountain


Other Related Article:
Colourama 08: Musisi Indonesia Chiptune-8Bit perform di Malaysia.

2 response(s):

Anonimmengatakan...

hidup arcade!! beli albumnya dimanaa yah? Gw kepingin denger nih.

Anonimmengatakan...

Buat Galz Petite, ini sih album kompilasi yg disebarin free di internet,
tinggal googling/ search google aja untuk cari link downloadnya kali..

Salah satunya:
http://elbo.ws/tag/hellostereo+arcadeplaymate/

Posting Komentar

share your idea, opinion, or related info with others here:

 
© Copyright Elz.™